Monday, August 8, 2011

Pesantren Kilat

Jujur, belajar banyak dari pesantren kali ini. Pesantren paling berkesan dan mbekas selama pernah pesantren. Padahal pas pertama tau mau pesantren rasanya males banget, nggak niat. Tapi setelah mau pulang rasanya nggakmau pulang, sedih gitu. Disana belajar banyak, dan dapet ilmu ilmu baru. Seperti apa kata umi, kita pulang pesantren buat apa kalo nggak bawa apa-apa. Setidaknya kita harus dapet ilmu pulang dari Darus Shalihat. Disana, ada Umi dan amah amah alias mbak pendamping. Amah amah disana baik semua, nggak pernah marah dan selalu sabar. Walaupun kelakuan kita nakal, rame, dan susah dikasih tau, mbak mbaknya tetep sabar aja. Aku ajanggak dimarahin pas tidur di tumpukan tas, padahal ada drama di depan. Maklum, jam tidur kurang dan hari hariku di pesantren dipenuhi dengan kantuk yang sangat menyiksa.
Oiya, kita bobok disana enak banget. Umi mbeliin kasur banyak banget buat kita. Jadi disana tidur lengkap dengan kasur, bantal, dan selimut. Alhamdulillah yah rasanya bahagia banget. Baru pertama deh pesantren bobok pake kasur. Disana, kita semua dibagi jadi 16 kelompok. Aku sendiri sekelompok sama Ratri, Bella, Afi, Ghnut, Asti dan Ganes. Kelompok 12, disana shalihat, disini shalihat, semuanya shalihat~ ngakak deh. Disana, aku jadi sadar kalo keinginan dan cita-cita itu emang harus dipikirin mateng mateng dari sekarang. Biar kita bisa lebih banyak minta, berdoa, dan berusaha. Bukan cuma menunggu takdir datang dan dengan santai bilang "let it flow". Semua nggak akan dateng kalo kita nggak berusaha, setidaknya mencari. Disana juga aku bisa bener-bener sadar kalo hidup ini cuma bentar banget dan masih ada akhirat yang lebih lama. Hidup ini buat beribadah, buat melakukan hal yang baik-baik. Berharap banget bisa sadar nggak cuma pas disana, tapi di rumah juga.
Pengen rasanya jadi anak yang sholehah, rajin ibadah kayak amah-amah disana dan bangga karena pake jilbab. Pengen bisa ayak mereka, kayaknya buat ibadah tuh nggak berat, nggak ada yang lebih penting selain beribadah. Jadi kayak "Apakah Allah suka dengan apa yang kita perbuat?" kalau sekiranya tidak, ya tinggalkan. Tapi buat jadi kayak Amah-amah disana nggak gampang, perlu ada kesadaran diri yang bener bener besar. Mungkin bakal nyoba dikit-dikit. Mulai dari Sholat, tadarus, baru ke yang lainnya.
Puncaknya ya pas hari terkahir, jam jam menuju pulang. Acara diisi sama Abi, suaminya Umi. Disana mbahas tentang kematian dan semacamnya. Bikin tambah takut, kita nggak tau kapan meninggal. Nggak bisa dicancel dan pasti bakal dateng entah kapan. Sadar kalo pahalaku dikit dan masih sering melakukan hal hak yang tidak terpuji aku mulai sedih, takut. Rasanya pengen tobat dan mulai dari awal. Aku mau lewat jembatan siratal mustakim dengan cara terbaik, mau alam kuburku indah, dan aku nggakmau kena siksa kubur. Udah cuma itu aja yang ada di pikiranku pas Abi ceramah.
Selesai ceramah, waktunya pulang. Disini pertamanya seneng, karena kebayang bakal hibernasi di rumah dengan puas. Tapi pas mulai salim salim sama Amah amah disana, eh kok Amah amah pada nangis. kayknya sedih banget gitu kita mau pulang. Jadilah terbawa suasana dan ikut sedih, nengis deh -_- gembeng yah. Dengan perasaan sedih, kita pulang deh. Masih banyak memori tersimpan disini saat masa masa pesantren. Semoga Umi, Abi, dan Amah amah disana selalu diberi lindungan Allah yah.

No comments:

Post a Comment